Senin, 26 Desember 2016

Menikmati Malam di Alun-Alun Kidul

Banyak destinasi wisata yang ditawarkan Yogyakarta. Kali ini akan mengunjungi wisata Yogyakarta yaitu Alun-Alun Kidul.  Di Jogja memiliki dua alun-alun yaitu alun-alun utara atau orang-orang biasanya menyebutnya Altar, alun-alun utara sendiri terletak di depan Keraton Yogyakarta dan satunya adalah alun-alun kidul atau orang biasa menyebutnya dengan Alkid, alun-alun kidul sendiri berada tepat di belakang Keraton Yogyakarta.

Banyak kegiatan yang ditawarkan di Alun-Alun Kidul yang mampu dinikmati oleh wisatawan lokal maupun asing. Alun-alun kidul ini apabila pagi difungsikan sebagai tempat olahraga seperti joging, bersepeda, atau hanya sekedar berjalan santai. Alun-alun ini kadang juga diadakan senam sehat.

Menjelang sore, Alkid mulai rame dengan rombongan ataupun anak-anak muda yang ingin menghabiskan waktunya dengan berjalan-jalan sore atau hanya sekedar duduk-duduk menikmati makanan atau minuman di lesehan yang dijajakan di sepanjang jalan Alun-Alun Kidul. Hari pun menjelang malam keseruan di Alun-Alun Kidul lebih terasa, para pengunjung banyak yang sudah mulai mengayuhkan kakinya dibecak kayuh yang dihiasi lampu hias serta musik. Dengan adanya becah kayuh sekarang ini membuat Alun-Alun Kidul lebiih ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Bentuk becak kayuh yang unik-unik menyerupai kendaraan ataupun hewan ini juga disediakan live music yang dipasang langsung di becak kayuh.

Bagi para pengunjung yang ingin menyewa becak kayuh ini berkisar antara Rp 15.000 - Rp 30.000 untuk dua kali putaran. Becak kayuh bisa digunakan untuk 2-6 orang tergantung dari model yang dipilih.

Adapun aktivitas yang paling populer yang biasa dilakukan di Alun-Alun Kidul yaitu laku masangin, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kegiatan ini. Laku masangin adalah kegiatan dimana kedua mata ditutup dengan kain dan berjalan diantara 2 pohon beringi kembar. Mitosnya adalah apabila dapat melakukan masangin dengan hatinya yang bersih maka permohonannya akan terkabul.

Walaupun banyak orang yang tidak percaya namun masih banyak yang mencobanya sebagai obat rasa penasaran mereka. Percaya ataupun tidak namun mitos ini justru menambah keistimewaan dari Jogja itu sendiri.
Jadi buat yang hobi jalan-jalan sempetin kesini, nikmati sendiri gimana serunya di Alun-Alun Kidul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5Jejeran Pantai Jogja yang Menyuguhkan Panorama Indah

Banyak wisata-wisata alam di Jogja yang menyuguhkan panorama indah seperti jejeran pantai-pantai di Jogja. Berikut beberapa jejeran pa...